Umami, Mutiatul Qibtia (2022) Pengaruh aksesibilitas teknologi informasi terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan layanan M-Banking: studi di Bank NTB Syariah Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Mutiatul Qibtia Umami 170502216.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian penulis mengenai perkembangan dunia teknologi informasi yang semakin berkembang pesat hingga mempengaruhi semua hal. Perkembangan teknologi informasi ini membawa manfaat dalam berbagai bidang, terutama dalam dunia perbankan. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia perbankan adalah adanya aplikasi Mobile Banking. Suatu teknologi yang mudah untuk diakses oleh setiap lapisan masyarakat dan mudah digunakan kapan pun dan di mana pun tanpa batasan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknologi informasi berpengaruh terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan Mobile Banking dan seberapa besar tingkat pengaruh teknologi informasi tersebut dalam mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan layanan Mobile Banking. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan atau field research dengan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan kuesioner yang disebarkan kepada nasabah Bank NTB Syariah Mataram. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden dengan teknik purposive sampling. Kemudian, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 20. Dari hasil penelitian yang telah diuji secara statistik, maka hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa variabel teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat nasabah menggunakan Mobile Banking dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini juga didukung dengan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 15,085 > 1,664 yang berarti bahwa variabel X berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. Adapaun pengaruh teknologi informasi terhadap minat nasabah menggunakan Mobile Banking yaitu sebesar 69,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: teknologi informasi; nasabah; mobile banking
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 26 Jul 2024 05:55
Last Modified: 26 Jul 2024 05:55
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5837

Actions (login required)

View Item View Item