Prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII di SMP Islam Asy Syafiiyah Goak Desa Sisik Kecamatan Pringgarata Tahun Pelajaran 2016/2017

Jannah, Miftahul (2017) Prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII di SMP Islam Asy Syafiiyah Goak Desa Sisik Kecamatan Pringgarata Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Miftahul Jannah15113121016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction ) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Pada Siswa Kelas VIII di SMP Islam Asy Syafiiyah Goak Desa Sisik Kecamatan Pringgarata Tahun Pelajaran 2016/2017. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction ) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Pada Siswa Kelas VIII di SMP Islam Asy Syafiiyah Goak Desa Sisik Kecamatan Pringgarata Tahun Pelajaran 2016/2017.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) Keaktifan Peserta Didik secara keseluruhan khususnya kelas VIII SMP Islam Asy Syafiiyah Goak Pringgarata tahun pelajaran 2016/2017, (2) Prestasi belajar Peserta Didik kelas kelas VIII SMP Islam Asy Syafiiyah Goak. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai : (1). Menambah pengetahuan dan wawasan penulis dalam meningkatkan pemahaman Peserta Didik belajar PAI. (2). Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi Peserta Didik. (3). Sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar Peserta Didik khususnya pada mata pelajaran PAI. (4). Menerapkan metode yang tepat sesuai dengan materi pelajaran PAI. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah Peserta Didik kelas VIII SMP Islam Asy Syafiiyah Goak tahun pelajaran 2016/2017, sejumlah 20. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi keaktifan Peserta Didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung; (b) wawancara kepada Peserta Didik; (c) ulangan harian. Prosedur pelaksanaan tindakan meliputi: (a) perencanaan tindakan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) observasi; (d) analisis dan refleksi. Hasil penelitian mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan sebelum penerapan metode pemecahan masalah sebagai metode pembelajaran, yaitu pada aspek semangat dalam KBM pada siklus I terlihat hasil 80% dengan nilai rata-rata sebesar 68 yaitu ketuntasan yang diperoleh oleh siswa kelas VIII SMP Islam Asy Syafiiyah Goak, pada siklus II terlihat hasil sebesar 95% dengan nilai rata-rata sebesar 73,5 dari 20 orang siswa. Dengan demikian metode pembelajaran berbasis masalah sebagai metode pembelajaran dapat meningkatan ketuntasan hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP Islam Asy Syafiiyah Goak tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Belajar; SMP Islam Asy Syafiiyah; Prestasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 03 May 2018 02:10
Last Modified: 03 May 2018 02:10
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item