M. Harun, Juwita (2024) Analisis literasi sains siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram pada mata pelajaran Biologi. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Juwita M. Harun 190104128.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian dilatarbelakangi tuntutan pendidikan sains siswa di dunia dalam menghadapi era globalisasi di abad ke-21. Kemampuan literasi sains sangat diperlukan untuk bertahan dalam persaingan secara global. Dengan kegiatan pembelajaran di sekolah, kemampuan literasi sains siswa dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat literasi sains siswa Kelas XI IPA SMAN 7 Mataram dan mengkaji faktor yang mempengaruhi literasi sains (jati diri dan lingkungan sosial budaya) siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram yang terdiri dari 6 (enam) kelas. Sampel merupakan karakteristik populasi, sebanyak 94 orang yang terdiri dari 2 (dua) kelas digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Informasi tentang tingkat literasis sains siswa didapat dari hasil tes menggunakan lembar tes kemampuan literasi sains berdasarkan soal PISA 2015 dan penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 13 november 2023 sampai dengan 13 desember 2023 di SMAN 7 Mataram. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata tingkat literasi sains siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram masuk dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 63,22%. Jika dijabarkan dalam setiap aspek, tingkat literasi sains pada aspek pengetahuan sebesar 76,47%, pada aspek kompetensi sebesar 74,80%, dan pada aspek sikap sebesar 87,85%. Tingkat literasi sains siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram dipengaruhi oleh faktor jati diri siswa dan faktor lingkungan sosial budaya. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram sudah mempersiapkan diri menghadapi era globalisasi abad 21 dengan meningkatnya tingkat literasi sains yang cukup baik tentunya berdasarkan aspek pengetahuan, aspek kompetensi, aspek sikap dan juga kedua faktor yaitu faktor jati diri dan faktor lingkungan sosial budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains, Aspek Pengetahuan, Aspek Kompetensi, Aspek Sikap"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 May 2024 07:33
Last Modified: 16 May 2024 07:33
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5811

Actions (login required)

View Item View Item