Penerapan metode pembelajaran group investigation dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran pai siswa kelas VII SMP Islam Asy Syafiiyah Goak Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017

Maryam, Maryam (2017) Penerapan metode pembelajaran group investigation dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran pai siswa kelas VII SMP Islam Asy Syafiiyah Goak Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Maryam15113121013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian tentang model pembelajaran kelompok penyelidik (Group Investigation) ini bertujuan antara lain:1)Untuk mengetahui bagaimana melalui penerapan metode pembelajaran Group Investigation dapat Meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII SMP Islam Asy Syafiiyah Goak Tahun Ajaran 2016/2017, 2)Untuk mengetahui kendala dan solusi dalam penerapan metode pembelajaran Group Investigation dapat Meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII SMP Islam Asy Syafiiyah Goak Tahun Ajaran 2016/2017. Data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil wawancara dari guru mata pelajaran PAI dan hasil dari nilai raport siswa dan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan cara observasi., selanjutnya data-data tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan ini disebabkan siswa tertarik dengan adanya metode ini, sehingga siswa dapat dengan mudah menguasai materi yang disajikan. Berdasarkan temuan di lapangan serta pembahasan hasil penelitian tentang penerapan metode pembelajaran Group Investigation (GI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Islam Asy Syafiiyah Goak. Adapun kendala yang dialami oleh siswa dalam belajar PAI selama ini adalah Sarana dan prasarana yang belum optimal, Guru yang kurang menguasai permasalahan siswa di kelas, Motivasi belajar siswa yang kurang dimiliki dan Lingkungan sekolah itu sendiri yang kurang mendukung kegiatan siswa. Dari beberapa kendala yang dialami oleh siswa diatas maka dibutuhkan adanya solusi dari hasil penelitian ini adalah (1) Untuk mengaktifkan siswa perlu diterapkan metode pembelajaran guna untuk membangkitkan semangat belajar diantaranya adalah penerapan metode pembelajaran Group Investigation (GI), (2) Pelaksanaan metode pembelajaran Group Investigation (GI) maka perlu penerapan secara terus-menerus sehingga hasil belajar siswa akan terus mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Group investigation; Prestasi; Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 03 May 2018 01:50
Last Modified: 03 May 2018 01:50
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item