Cahyani, Cahyani (2023) Pengaruh model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap keterampilan komunikasi dan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA di MTs Negeri 4 Lombok Barat Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Cahyani 190104052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Keterampilan komunikasi dan berpikir kreatif di Indonesia tergolong rendah yang ditunjuk dari peringkat kreativitas Indonesia berdasarkan Global Ceativity Index tahun 2017, yang mana menyatakan bahwa dari 127 negara yang diriset, Indonesia berada di urutan ke-87. Permasalahan ini diduga timbul karena pendidikan di Indonesia lebih menekankan menghafal dan mencari satu jawaban yang benar terhadap soal-soal yang diberikan sehingga jarang melatih keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi siswa yang termasuk dalam proses pemikiran tingkat tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan komunikasi dan berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran IPA di Mts Negeri 4 Lombok Barat Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalen control grup desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas dengan sampel penelitian VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dimana masing-masing kelas berjumlah 21 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis manova berbantu SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan komunikasi""dan berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran IPA di Mts Negeri 4 Lombok Barat Tahun Pelajaran 2023/2024. Hal ini berdasarkan uji hipotesis manova didapatkan hasil nilai sig 0,00< 0,05 Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran project based learning (PjBL), keterampilan komunikasi, keterampilan berpikir kreatif."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 May 2024 06:53
Last Modified: 16 May 2024 06:53
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5808

Actions (login required)

View Item View Item