Alviana, Alviana (2022) Pengaruh metode pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) dalam keterampilan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan terhadap siswa di Mts.N 2 Lombok Tengah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Alviana(180104011).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Berpengaruh Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Di Mts.N 2 Lombok Tengah. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs.N 2 Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif Pree Eksperimen Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik dan meningkatkan ketekunan. (1) Hasil penelitian ini menyatakan bahwa:Kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa di kelas VIII berbeda-beda, maka dapat dikategorikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam tiga kategori yaitu kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang dan kemampuan berpikir kritis rendah sesuai dengan indikator yang telah dicapai. (2) Dalam hal ini dapat dilihat dari perbedaan indikator telah dicapai oleh masing-masing siswa sebagai berikut: (a) Siswa yang berkemampuan berpikir kritis tinggi ialah siswa yang mampu memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis. (b) Siswa yang berkemampuan berpikir kritisnya sedang mampu memenuhi indikator fokus(focus), kejelasan(clarity) dan tinjauan ulang(overview) namun kurang mampu memenuhi indikator kesimpulan(inference). Siswa mampu memahami soal dan menulis rumusan masalah dari soal, serta menulis langkah-langkah penyelesaian soal IPA dengan tepat. (c) Siswa yang berkemampuan berpikir kritis rendah, sudah mampu dalam indikator fokus (focus), yaitu dapat merumuskan suatu masalah, akan tetapi tidak mampu memenuhi indikator kejelasan (clarity), kesimpulan (inference) dan tinjauan ulang (overview).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Metode Guided Discovery, pencemaran lingkungan MTs.N 2 Lombok Tengah"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 May 2024 04:00
Last Modified: 16 May 2024 04:00
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5803

Actions (login required)

View Item View Item