Pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pai kelas X-IPS SMAN I Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017

Khosi’ah, Khosi’ah (2017) Pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pai kelas X-IPS SMAN I Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Khosi’ah151131007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas X-IPS SMAN I Praya Timur Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, Interview/wawancara, Dokumentasi, dan observasi. Subyek yang diteliti hanya dibatasi pada kelas X saja yang tergabung dalam delapan kelas dan berjumlah 238 orang siswa yang diambil sebesar 30 sebagai sampel pada taraf kesalahan 5% dengan random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan dilanjutkan dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus product moment didapatkan nilai r hitung = 0,821 dan hasil dari uji signifikansi dengan taraf kesalahan 5 % adalah F hitung (24,261) > F tabbel (4,20) maka H0 ditolak dan Ha Diterima. Kemudian di lanjutkan dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan taraf kesalahan 5 % F hitung (0,286) < F tabel (2,42). Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas XIPS SMAN I Praya timur kecamatan praya timur kabupaten Lombok tengah tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Motivasi; SMAN I Praya Timur
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 03 May 2018 01:38
Last Modified: 03 May 2018 01:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item View Item