Efektivitas guru akidah akhlak yang telah di sertifikasi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII MTs An-Najah Sesela Gunungsari Lombok Barat tahun Pelajaran 2016/2017

Junari, Junari (2017) Efektivitas guru akidah akhlak yang telah di sertifikasi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII MTs An-Najah Sesela Gunungsari Lombok Barat tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Junari151131180.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Sertifikasi merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk menghargai pekerjaan atau profesi guru dengan memberikan sertifikat pendidik kepada para guru. Dengan memberikan tunjangan profesional kepada guru yang telah lulus uji sertifikasi, diharapkan dapat membantu untuk lebih meningkatkan kesejahteraan guru. Namun, seorang guru juga diharapkan mampu meningkatkan keprofesionalan serta keefektifannya dalam melaksanakan pembelajaran dalam kelas, sebagai bentuk keseimbangan antara hak dan kewajiban. Hal itu diwujudkan dengan meningkatkan keefektifannya dalam mengajar sehingga mampu menciptakan peserta didik yang memiliki kualitas serta berhasil dalam belajarnya. Penelitian ini di desain dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan karakteristik deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan langkah mereduksi data (merangkum atau memililih data yang penting), penyajian data dengan uraian singkat selanjutnya verifikasi atau penarikan kesimpulan awal dari hasil penelitian dan keabsahan data dengan cara triangulasi dan kecukupan referensi. Hasil penelitian bahwa: pertama kualitas pembelajaran atau kadar informasi yang disajikan oleh guru bersertifikasi tersebut masih sangat kurang karna hanya berpatokan kepada buku pegangan guru, kedua kesesuaian tingkat pembelajaran, kurangnya perhatian guru terhadap sebagian dari siswa menyebabkan guru kurang mengetahui kesiapan dari siswanya untuk menerima materi baru, ketiga insentif, kurangnya motifasi yang diberikan guru terhadap siswa sehingga sebagian siswa kurang dalam mengejakan tugas yang telah diberikan, dan keempat waktu, guru maupun siswa telah mampu menyelesaikan kegiatan pembelajaran dengan tepat waktu sesuai yang telah ditentukan oleh guru tersebut. Kesimpulannya bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut cukup baik akan tetapi masih banyak kekurangan-kekurangan yang terdapat jadi tugas guru harus terus mengasah kemampuannya untuk menerapkan pembelajaran yang berkualitas terhadap siswa siswinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Serifikasi; MTs An-Najah Sesela Gunungsari
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 03 May 2018 01:26
Last Modified: 03 May 2018 01:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item