Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Empang Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2016/2017

Atmayanti, Indah (2017) Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Empang Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Indah Atmayanti151131139.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Tujuan Penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Empang. (b) Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Empang. (c) Untuk mengetahui kendala dan solusi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Empang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan data di lapangan, maka diadakan pemeriksaan validitas data dengan teknik: (a) Perpanjangan pengamatan, (b) Ketekunan pengamatan, (c) Triangulasi dan (d) pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini adalah:(a) motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Empang: dikatakan masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari cara siswa dalam kegiatan belajar mengajar: siswa tidak serius belajar, ribut didalam kelas, bolos, tidak mengerjakan tugas,dll. (b) peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Empang bahwa guru pendidikan agama Islam berperan sebagai: 1) Memberi Bimbingan, 2) Menciptakan Suasana Kelas Yang Kondusif dan Menyenangkan, 3) memberikan penilaian. (c) kendala dan solusi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Empang, terdapat beberapa faktor penyebab yaitu datang dari diri siswa dan datang dari luar diri siswa (orang tua, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Belajar; Motivasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 03 May 2018 01:12
Last Modified: 03 May 2018 01:12
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item