Pola pembinaan kemampuan baca Al-Qur’an siswa Madrasah Tsanawiyah Di Pondok Pesantren Al-Husainy Kota Bima Tahun Pelajaran 2015 / 2016

Haris, Abdul (2016) Pola pembinaan kemampuan baca Al-Qur’an siswa Madrasah Tsanawiyah Di Pondok Pesantren Al-Husainy Kota Bima Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Abdul Haris 151121074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari bahwa guru memiliki peranan yang sangat penting dalam mendidik,membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk lebih meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an. hal ini cukup penting karena membaca Al-Qur’an merupakan kebutuhan bagi setiap individu, karena itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembinaan dalam kemampuan baca Al-Qur’an pada siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Husainy di Kota Bima Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan tentang-tentang fenomena-fenomena yang ada melalui pendekatan ilmiah. kehadiran peneliti sebagai observer dalam kehidupan subyek selama waktu penelitian yang sudah ditetapkan sekaligus sebagai peneliti utama dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik induktif dengan keabsahan data terdiri dari perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan tringulasi data. Berdasarkan hasil penelitian di Madrasah Tsanawiyah di Al-Husainy Kota Bima, bahwa Pola Pembinaan Dalam Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa Madrasah Tsanawiyah Di Al-Husainy Kota Bima adalah dengan 1) Pembinaan karakter, 2) Pembinaan keilmuan dan 3) Pembinaan Lapangan. Dalam pelaksanaannya terdapat hambatan – hambatan yang dihadapi dan dalam menghadapi hambatan tersebut diatasi dengan 1) Melakukan pendekatan 2) Mengklasifikasi santri/santriwati sesuai kemampuan dalam beberapa kelas 3) Membuat modul atau Buku pedoman, dan 4) Memilih dan menentukan Pembina. Sebagai penanggung jawab untuk tiap kelas atau kelompok siswa dipilih seorang Pembina yang dirasa mampu bertanggung jawab pada siswa yang akan dibina.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Pembinaan, Baca Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 03 May 2018 01:12
Last Modified: 03 May 2018 01:12
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item View Item