Perbedaan hasil belajar siswa kelas V pada mata peajaran pendidikan agama Islam sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran active tipe crossword puzzle di SDN 3 Sukadana Kec. Bayan kKLU Tahun Pelajaran 2016/2017

Husniati, Novi (2016) Perbedaan hasil belajar siswa kelas V pada mata peajaran pendidikan agama Islam sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran active tipe crossword puzzle di SDN 3 Sukadana Kec. Bayan kKLU Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Novia Husniati 151121065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model dan teknik dalam mengajar sangatlah menentukan mudah dan sulitnya siswa dalam menerima materi yang diajarkan. Untuk itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang perbedaan hasil belajar siswa kelas v pada mata pelajaran pendidikan agama islam sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Active tipe Crossword Puzzle. Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah perbedaan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran pendidikan agama islam dapat meningkat sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Active Tipe Crossword Puzzle di SDN 3 Sukadana Bayan KLU tahun pelajaran 2016/2017,dan tujuan penelitian ini adalah ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran pendidkan agama islam sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Active tipe Crossword Puzzle pada siswa kelas V SDN 3 Sukadana tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 3 Sukadana yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 28 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, analisis data menggunakan analisis statistik uji-t. Dari analisis data diperoleh thitung sebesar 8,52 , sedangkan t-tabel pada taraf signifikan 1% sebesar 2,771(8,52 > 2,771) Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Active Learning Tipe Crossword Puzzle. Peneliti berharap agar model pembelajaran ini tetap digunakan sehinga lebih meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Active, tipe Crossword Puzzle,Hasil Belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 02 May 2018 03:26
Last Modified: 02 May 2018 03:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item