Husmayudian, Lalu Muh. (2022) Strategi promosi produk murabahah dalam meningkatan jumlah nasabah di Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Gumarang Akbar Syariah Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lia Elvina 180502014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Pembiayaan murabahah merupakan salah satu produk yang di tawarkan oleh BMT Gumarang Akbar Syariah Mataram. Dengan strategi pembiayaan murabahah, BMT Gumarang Akbar Syariah Mataram dapat meningkatkan jumlah nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi produk Murabahah dalam meningkatkan jumlah nasabah yang di lakukan oleh Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Gumarang Akbar Syariah Mataram. Metodologi yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang mendeskripsikan dan menganalisis data yang diperoleh dari lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dan bahan-bahan lain, sehingga mudah dipahami. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang penulis peroleh dari tanya jawab secara langsung di lapangan. Sedangkan data sekunder adalah data yang berbentuk dokumen-dokumen yang saya peroleh dari pihak BMT. Hasil penelitian ini adalah Penerapan strategi pembiayaan khususnya Murabahah, di mana Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Gumarang Akbar menggunakan strategi promosi untuk menawarkan produknya. Strategi promosi yang di gunakan BMT Gumarang Akbar yaitu, dari mulut ke mulut (personal selling), media sosial, dan menyebarkan browsur serta melakukan sosialisasi ke masyarakat sekitar. penerapan strategi promosi produk pembiayaan Murabahah dalam upaya mempengaruhi nasabah dalam rangka untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu meningkatkan jumlah nasabah. Salah satu cara yang di gunakan BMT Gumarang Akbar Syariah Mataram dalam bidang pemasaran untuk meningkatkan hasil produk melalui strategi promosi, berupa periklan, personal selling, dan publisitas untuk menarik minat nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: promosi; pembiayaan; murabahah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:47
Last Modified: 23 Apr 2024 02:47
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5739

Actions (login required)

View Item View Item