Penerapan model pembelajaran CTL ( contextual teaching and learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa VIII pada mata pelajaran fiqih materi zakat fitrah di MTs Nurussalam, Reak, Tanak Awu, Pujut Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016-2017

Nilawati, Nilawati (2016) Penerapan model pembelajaran CTL ( contextual teaching and learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa VIII pada mata pelajaran fiqih materi zakat fitrah di MTs Nurussalam, Reak, Tanak Awu, Pujut Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016-2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Nilawati 151121053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar fiqih materi zakat fitrah melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada siswa kelas VIII MTs Nurussalam tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(PTK). Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antar guru mata pelajaran, peneliti, dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes evaluasi dan lembar observasi. Prosedur penelitian dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan alokasi waktu dari masing-masing siklus adalah 2 x40 menit (2 x pertemuan). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan hasil belajar fiqih materi zakat fitrah siswa Kelas VIII MTs Nurussalam. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, padasiklus I diperoleh nilai rata- rata sebesar 70,90 dengan ketuntasan klasikal sebesar 77,27%. Sedangkan pada siklus II, diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,90 dengan ketuntasan klasikal mencapai 90,90%. Nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 10,00 sedangkan ketuntasan klasikal mengalami peningkatan sebesar 13,63%. Hal ini menjadi tolak ukur keberhasilan dari penelitian yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CTL, Pelajaran Fiqih, Dan Hasil Belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 02 May 2018 02:35
Last Modified: 02 May 2018 02:35
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/572

Actions (login required)

View Item View Item