Peran guru pai dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada siswa-siswi di SMPN 14 Mataram TP. 2015/2016

Khairi, Miftahul (2016) Peran guru pai dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada siswa-siswi di SMPN 14 Mataram TP. 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Miftahul Khairi 151111034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (753kB) | Preview

Abstract

Menanamkan adalah suatu proses dalam membangun, membimbing, membentuk, dan pengembangan kepribadian seseorang. Sedangkan toleransi adalah sikap saling menghargai dan saling menghormati antar sesama pemeluk agama dalam melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. Dalam penelitian ini penulis meneliti di SMPN 14 Mataram karena warga sekolahnya terdiri dari siswa-siswi beragama Islam, Hindu, Kristen dan Budha. Misi sekolah di SMPN 14 Mataram yaknimenanamkan nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa serta menanamkan sikap religius dan toleransi terhadap semua warga sekolah baik itu siswa-siswi Islam maupun Non Islam. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah dalam menyikapi perbedaan dan keragaman agama yang dianut oleh siswa-siswi, khususnya Guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi pada diri setiap siswa-siswi yang beragama islam khususnya.Berdasarkan latar belakang masalah,maka peneliti merumuskan beberapa pokok permasalahan yang tertuang dalam rumusan masalah sebagai berikut: (1)Bagaimanakahkondisi toleransi beragama di SMPN 14 Matam? (2) Bagaimanakah bentuk peran Guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragamapada siswa-siswi di SMPN 14 Mataram.Maka sesuai rumusan masalah tersebut, tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui kondisi toleransi beragama di SMPN 14 Mataram dan untuk mengetahui bentuk peran guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada siswa-siswi di SMPN 14 Mataram. Penelitian ini bersifat kualitatif yang objeknya ada di lapangan dan dapat di amati secara langsung. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis induktif yaitu mendeskripsikan fakta yang diperoleh dari penelitian, kemudian dianalisis dari teori. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis dapat dikatakan bahwa bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada siswa-siswi di SMPN 14 Mataram ada dua tahap, yaitu: tahap pertama adalah di dalam kelas dan tahap kedua adalahpembinaan sikap toleransi di luar kelas.Sikap toleransi siswa di SMPN 14 Mataram sudah sangat baik, hal ini dapat dilihat dari interaksisiswa-siswi yang begitu akrab tanpa saling membedakan agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Toleransi, Peran Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:25
Last Modified: 30 Apr 2018 02:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/569

Actions (login required)

View Item View Item