Fahrirrahman, Fahrirrahman (2022) Pengaruh tingkat kepercayaan, pengetahuan, pelayanan, promosi dan lokasi terhadap preferensi menabung mahasiswa pada perbankan syariah studi pada mahasiswa FEBI UIN Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Fahrirrahman 170502127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bermaksud menjelaskan apakah tingkat kepercayaan, pengetahuan, pelayanan, promosi dan lokasi berpengaruh terhadap preferensi (kecenderungan) menabung, serta bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat kepercayaan, pengetahuan, pelayanan, promosi dan lokasi terhadap preferensi menabung mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram pada Perbankan Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 2.122 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang terdiri dari jurusan Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah dan Pariwisata Syariah dari angkatan tahun 2017 sampai 2021. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan perhitungan rumus slovin, sampel yang dihasilkan sebanyak 95 orang mahasiswa, dan jumlah responden sesuai dengan sampel yang ditargetkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan kuesioner dengan teknik analisis data yaitu uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Data diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian mengatakan adanya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hal ini terbukti dari hasil uji F secara simultan fhitung sebesar 14,249 > dari nilai ftabel sebesar 2,360 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Artinya tingkat kepercayaan, pengetahuan, pelayanan, promosi dan lokasi memiliki pengaruh terhadap preferensi menabung mahasiswa FEBI UIN Mataram. Hasil uji koefisien determinasi R^2 diperoleh hasil Adjusted R^2 sebesar 0,707 artinya persentase dari pengaruh tingkat kepercayaan, pengetahuan, pelayanan, promosi dan lokasi terhadap preferensi menabung mahasiswa FEBI UIN Mataram adalah sebesar 70,7%. Sisanya 29,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk ke dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pelayanan; promosi; lokasi; preferensi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:39
Last Modified: 25 Mar 2024 01:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5683

Actions (login required)

View Item View Item