Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MTs. Babussalam Rungkang desa merembu kec. Labuapi lombok barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Suryani, Ika (2017) Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MTs. Babussalam Rungkang desa merembu kec. Labuapi lombok barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Ika Suryani151131123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang (a) motivasi kerja guru di MTs. Babussalam Rungkang. (b) peran kepemimpinan Kepala MTs. Babussalam dalam meningkatkan motivasi kerja guru. (c) kendala-kendala yang dihadapi Kepala MTs Babussalam dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Dan (d) upaya Kepala MTs. Babussalam dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan data di lapangan, maka diadakan pemeriksaan validitas data dengan teknik: (a) Perpanjangan keikutsertaan, (b) Ketekunan pengamatan, (c) Triangulasi dan (d) pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Berdasarkan temuan data tentang peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MTs. Babussalam Rungkang Desa Merembu Kecamatan Labuapi Lombok Barat bahwa kepala madrasah berperan sebagai edukator (pembinaan mental dengan menciptakan iklim kerja yang kondusif, pembinaan fisik dengan memberikan dorongan kepada guru agar terlibat secara aktif dan kreatif, pembinaan moral dengan memberikan nasehat), manajer (mengatur, mengkoordinasi dengan menerapkan kerjasama/kooperatif), motivator (memberikan dorongan, penghargaan, pengaturan lingkusan fisik, suasana kerja kondusif dan disiplin), supervisor (melakukan pengawasan dan pengendalian dengan melakukan kunjungan kelas), leader/pemimpin (memberdayakan SDM dan mendelegasikan tugas) dan sebagai administrator (penyusunan dan pendokumenan administrasi). Dari hasil analisa data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Kepala MTs. Babussalam mengarah pada bentuk pemimpin yang memiliki karakter demokratis, yakni kepala madrasah yang memiliki sifat terbuka dan memberi kesempatan kepada para tenaga kependidikan untuk ikut berperan aktif dalam membuat sebuah perencanaan dan keputusan. Untuk itu, sikap demokratis memang cukup efektif jika diterapkan oleh seorang pemimpin dalam mencapai tujuan bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Guru; MTs. Babussalam
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 27 Apr 2018 07:26
Last Modified: 27 Apr 2018 07:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item