Rahmawati, Vina (2024) Analisis pesan moderat dalam channel Youtube UAS Official. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
VINA RAHMAWATI 200301037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Pendakwah dapat menyampaikan nilai-nilai moderat secara efektif melalui media sosial seperti Youtube. Karena youtube yang bersifat lebih universal, Inklusif dan moderat. Salah satunya Ustadz Abdul Somad yang menggunakan media sosial youtube untuk menyampaikan pesan moderat. Pesan moderat disampaikan pendakwah kepada mad'u yaitu untuk mengajarkan terkait moderasi dalam Bergama. Jenis dalam penelitian ini menggunakan penelitian Analisis Isi Kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi audio dan visual. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan pesan moderat yang disampaikan Ustadz Abdul Somad dalam channel youtubenya yaitu mengarahkan umat Islam agar bersikap adil, toleransi, dan tidak memiliki sikap yang ekstream. Terdapat juga pesan moderat yang paling dominan dalam video ceramah Ustadz Abdul Somad pada channel youtubenya yaitu toleransi dalam Islam dan Islam Wasthiyyah. Inovasi dakwah dalam UAS pada youtubenya juga memberikan keuntungan yaitu dari konten youtube UAS mendapatkan tambahan penghasilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pesan Dakwah, Moderat, Channel Youtube"
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160503 Communications and Media Policy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160511 Research, Science and Technology Policy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160512 Social Policy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:33
Last Modified: 18 Mar 2024 04:33
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5674

Actions (login required)

View Item View Item