Pengaruh penggunaan metode diskusi tipe buzz group terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas X MAN 2 Lombok Tengah Desa Jelantik Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017

Widiawati, Heni (2017) Pengaruh penggunaan metode diskusi tipe buzz group terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas X MAN 2 Lombok Tengah Desa Jelantik Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Heni Widiawati151131001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (998kB) | Preview

Abstract

INDONESIA Segala kegiatan interaksi metode dan kondisi pembelajaran harus direncanakan dengan selalu berpegang pada tujuan pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berhasil sesuai yang dikehendaki. Metode diskusi bukan hanya percakapan atau debat biasa saja, tapi diskusi timbul karena ada masalah yang memerlukan jawaban atau pendapat yang bermacam-macam. Dalam metode diskusi ini peran guru sangat penting dalam rangka menghidupkan semangat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Tipe Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas X MAN 2 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis desian penelitian expost-fasto. Dalam penelitian ini jenis sampel yang digunakan random sampling. Hasil penelitian dengan analisis Dari hasil analisis yang penulis lakukan dengan teknik korelasi product moment, 0,646 > 0,344. Besarnya sumbangan koefisien determinasi variabel penggunaan metode diskusi kelompok 41,73% terhadap hasil belajar siswa. Dalam pengujian hipotesis di gunakan rumus regresi yang dilanjutkan dengan uji keberartian dan uji linieritas. Dimana pada uji keberartian didapat Fhitung sebesar 24,99 nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 4,15. Karena Fhitung (24,99) >F tabel (4,15), maka kontribusi Ho ditolak dan Ha diterima, sedangkan uji linieritas mengatakan bahwa Ho= regresi linier dan Ha= regresi non linier mendapatkan hasil F hitung sebesar (0,188) < F tabel (2,34). Hal ini berarti “Terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Tipe Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas X MAN 2 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017.”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar; Metode Diskusi; MAN 2 Lombok Tengah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 27 Apr 2018 06:55
Last Modified: 27 Apr 2018 06:55
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item