Widyawati, Widyawati (2023) Pengaruh lokasi dan kualitas produk perumahan terhadap minat beli konsumen di PT. Bale Lombok Agung Properti. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Widyawati 190501017 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk yang semakin meningkat menjadikan kebutuhan akan rumah juga semakin meningkat. Karena rumah juga merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia sebagai tempat berlindung dan melangsungkan hidup. Dengan adanya perdagangan/usaha properti ini muncul sebagai perusahaan bisnis yang memudahkan masyarakat mewujudkan mimpi untuk memiliki rumah. Karena rumah adalah investasi jangka panjang, perlu dilakukan pertimbangan yang matang dan tepat sebelum kita memutuskan untuk membelinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lokasi dan kualitas produk perumahan dapat mempengaruhi minat beli konsumen dalam membeli perumahan di PT. Bale Lombok Agung Properti. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian analisis korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 415 dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan simple random sampling yang kemudian diperoleh sampel sebanyak 205 responden. Pengolahan data dalam penelitian ini digunakan SPSS 25 dan melalui pengujian instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, penelitian ini memberikan hasil yang menerangkan bahwa lokasi (X1) dan kualitas produk (X2) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli (Y) baik itu secara parsial ataupun secara simultan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil output dari analisis regresi berganda yang menunjukkan nilai koefisien regresi variabel lokasi (X1b1) yaitu 0,297 dengan signifikansi 0,000 atau < 0,05, kemudian nilai koefisien regresi variable kualitas produk (X2b2) yaitu 0,287 dengan signifikansi 0,000 atau < 0,05, dan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau < 0,05 pada uji simultan serta dilihat dari nilai R square pada uji koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 61,1% minat beli konsumn dipengaruhi oleh lokasi dan kualitas produk, dan sisanya sebesar 38,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa kedua variabel bebas yaitu lokasi dan kualitas produk secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lokasi; kualitas produk; perumahan dan minat beli
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:58
Last Modified: 08 Mar 2024 02:58
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5650

Actions (login required)

View Item View Item