pengaruh penerapan model pembelajaran arias terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fiqih kelas VII MTs Darun Najah Al-Falah Telagawaru Tahun Pelajaran 2016/2017

Handayani, Fitri (2017) pengaruh penerapan model pembelajaran arias terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fiqih kelas VII MTs Darun Najah Al-Falah Telagawaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Fitri Handayani151131237.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu melibatkan atau memberi kesempatan pada siswa untuk dapat saling berinteraksi. Salah satu model pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Arias. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Arias terhadap hasil belajar siswa dalam pembealajaran fikih kelas VII MTs Darun Najah Al-Falah Telagaawaru. Rumusan masalah dalam penelitian adalah adakah pengaruh penerapan model pembelajaran arias terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fikih kelas VII di MTs darun najah al-falah telagawaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah posttest only control design yang mana post-test diberikan setelah perlakuan. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang bejumlah 41 orang yaitu kelas VII a (Eksprimen) dan VII b (Kontrol) . Hipotesis dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Arias Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fikih. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda (objektif). Analisis data penelitian hasil belajar dilakukan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Nilai hasil belajar Fikih siswa kelas eksprimen sebesar 79,142 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar Fikih kelas kontrol sebesar 76,5 dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t terhadap kedua nilai post-test diperoleh t hitung sebesar 0,94 dan nilai t tabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,0609. Jika dibandingkan dengan t hiung < t tabel yaitu 0,94 < 2,0609, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar Fikih yang diajarkan melalui model pembelajaran arias dengan pembelajaran konvesional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Arias; Metode Belajar; MTs Darun Najah Al-Falah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 27 Apr 2018 06:45
Last Modified: 27 Apr 2018 06:45
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item