Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas VIII Mts Al-Ikhlashiyah Perampuan Tahun Pelajaran 2016/2017”

Basri, M. Hasan (2016) Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas VIII Mts Al-Ikhlashiyah Perampuan Tahun Pelajaran 2016/2017”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
M. Hasan Basri 151111052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang pengambilan judul ini adalah peneliti merasa tertarik untuk meneliti pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa, dalam proses belajar mengajar. Terlihat ketika peneliti berada di lapangan sesuai survei dan wawancara dengan guru, ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung terlihat siswa memperhatikan penjelasan dengan seksama, dan memfokuskan diri terhadap penyampaian guru. Meskipun salah satu dari siswa bicara dengan siswa yang lain, guru mencoba memberikan teguran dengan katakata yang baik hal itu membuktikan bahwa guru sudah menerapkan pelaksanaan pembelajaran secara efektif. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas VIII Mts Al-Ikhlashiyah Perampuan dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membetuk kepribadiana siswa kelas VIII Mts Al-Ikhlashiyah Perampuan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas VIII Mts Al-Ikhlashiyah Perampuan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membetuk kepribadiana siswa kelas VIII Mts Al-Ikhlashiyah Perampuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada melalui pendekatan ilmiah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membetuk kepribadiana siswa kelas VIII Mts Al-Ikhlashiyah Perampuan tahun pelajaran 2016/2017 sudah diterapkan dengan baik, ini terlihat dari adanya penerapan berbagai metode yang digunakan diantaranya metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode pemberian tugas, dan metode bercerita sehingga siswa aktif dalam interaksi di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, Kepribadian siswa dan Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 27 Apr 2018 06:38
Last Modified: 27 Apr 2018 06:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item