Problematika guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ppendidikan agama islam kelas XI di SMA Negeri 1 Jonggat Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017

Bukran, Bukran (2017) Problematika guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ppendidikan agama islam kelas XI di SMA Negeri 1 Jonggat Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Bukran151 101143.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Guru merupakan motivator dan manager dalam pendidikan, tetapi sangat disayangkan jika guru sebagai tenaga pendidik memiliki kualitas yang rendah, maka terdapat masalah atau problem dalam proses belajar mengajar. Sedangkan motivasi adalah daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berdasarkan data dan fakta yang benar dan dapat dipercaya tentang problematika guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Jonggat Lombok Tengah tahun pelajaran 2016/2017 untuk dapat menaggulanginya dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yakni studi kasus dengan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisa induktif yaitu jalan berfikir dengan mengambil kesimpulan dari data-data yang dikumpulkan dari hasil observasi, wawancra dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada guru mata pelajaran PAI kelas XI. Hasil penelitian yang didpatkan, ternyata banyak sekali problematika yang dihadapi responden untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dari hasil wawancara, problematika yang dialami guru PAI di SMA Negeri 1 Jonggat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah kurang dekatnya antara guru dan siswa, guru tidak menggunakan metode mengajar yang bervariasi. Faktor yang mempengaruhinya adalah kurangnya penguaan metode mengajar guru, dan ketidak cukupan sarana dan prasarana (media dan bahan ajar). Saran yang dapat peneliti ajukan kepada guru mata pelajaran PAI supaya lebih banyak menguasai metode mengjar agar siswa tidak cepat jenuh dan bagi kepala sekolah diharapkan dapat memfasilitasi sarana prasarana serta media atau alat peraga khususnya bagi proses pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Motivasi; Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 27 Apr 2018 06:23
Last Modified: 27 Apr 2018 06:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item