Putri, Yulia Emelda (2023) Analisis kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yulia Emelda Putri_190103032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras Kelas X IPA MA Islam Selaparang, Kediri, Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X IPA MA Islam Selaparang, Kediri, Lombok Barat tahun ajaran 2023/2024, dengan mengambil 5 siswa sebagai subjek penelitian yang memiliki kategori kemampuan metakognitif 2 tinggi, 1 sedang, dan 2 rendah. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan metakognitif tinggi memenuhi semua indikator metakognitif, yaitu (semua siswa memenuhi ndikator dari tahap perencanaan yaitu A1 dan A2 dengan baik), pemantauan (semua siswa memenuhi indikator dari tahap memantau yaitu B1, B2, dan B3), dan evaluasi (ada siswa yang memenuhi indikator dari tahap evaluasi lengkap yaitu, C1, C2, dan C3 dan ada siswa yang memenuhi C2 saja).Siswa yang berkemampuan metakognitif sedang, melakukan sebagian aktivitas metakognitif, yaitu tahap perencanaan (siswa memenuhi indikator A1 saja pada tahap perencanaan, sedangkan A2 tidak). Pada tahap pemantauan, siswa mencoba melakukannya walaupun jawabannya masih salah (siswa yang hanya memenuhi indikator dari tahap pemantauan hanya B3 saja). Namun, pada tahap evaluasi siswa yang memiliki kemampuan metakognitif sedang tidak memenuhi indikator dari tahap evaluasi.Siswa yang memiliki kemampuan etakognitif rendah, ada siswa yang memenuhi A1 saja dari tahap perencanaan, sedangkan tahap memantau dan evaluasi tidak terpenuhi oleh semua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan metakognitif; dan teorema pythagoras
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 28 Feb 2024 05:06
Last Modified: 28 Feb 2024 05:06
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5586

Actions (login required)

View Item View Item