Nurawwaly, Yulia Azzahara (2023) penerapan pendidikan karakter siswa melalui budaya sekolah di SD Islam Sa'adatudarain Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yulia Azzahara Nurawwaly_190106059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap penerapan pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Sa’adatuddarain karena peneliti melihat pada saat observasi awal di SD Islam Sa’adatuddarain bahwa pendidikan karakter melalui budaya sekolah sudah diterapkan seperti tercermin pada Gerakan Literasi Sekolah kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan rutin dan mentaati tata tertib. Fokus yang dikaji dalam skripsi ini adalah (1) Apa saja bentuk atau model budaya sekolah yang dikembangkan di SD Islam Sa’adatuddarain ? (2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter yang dikembangkan melalui budaya sekolah di SD Islam Sa’adatuddarain (3) Bagaimana mekanisme internalisasi karakter dalam budaya sekolah menjadi karakter siswa di SD Islam Sa’adatuddarain ?.Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber, tehnik, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, bentuk atau model budaya sekolah yang dikembangkan di SD Islam Sa’adatuddarain yaitu (1) Kegiatan Membaca (2) Orasi lisan atau pidato (3) Menghafal Al-Qur’an (4) Relegiusitas dan kepatuhan terhadap tata tertib sekolah. Untuk penerapan pendidikan karakter siswa dilakukan melalui beberapa kegiatan yakni (1) Kegiatan literasi sekolah (2) Kegiatan Muhadharah (3) Membaca dan menyetor hafalan (4) Kegiatan ektrakurikuler (5) Kegiatan shalat berjamaah, infaq, bersholawat dan peringatan hari besar islam (6) Membuat tata tertib bersama. Sedangkan proses internalisasi budaya sekolah menjadi karakter siswa dilakukan melalui keteladanan yang dilakukan semua warga sekolah, memberikan contoh yang baik yang dilakukan guru dan kakak kelas serta konsisten melakukan kegiatan secara serta terus menerus dari tahun ke tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penerapan; karakter siswa; budaya sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:42
Last Modified: 28 Feb 2024 04:42
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5584

Actions (login required)

View Item View Item