Pengaruh pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM)

Hijaz, M. Samsul (2017) Pengaruh pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
M. Samsul Hijaz 151111171.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (727kB) | Preview

Abstract

Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dalam lingkungannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan gairah belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan menggunakan media atau alat praga. Dengan media ini siswa akan lebih paham, karena pembelajaran menjadi lebih kongkrit dan realistis. Penggunaan media atau alat praga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa akan materi yang disampaikan guru. Berdasarkan latar belakang penelitian ini, dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu, bagaimanakah pengaruh pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangan (PAKEM) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII B di MTs Nurul Huda Tempos Gerung Lombok Barat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh intensitas pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenanghkan (PAKEM) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII B di MTs Nurul Huda Tempos kecamatan Gerung Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuaantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunaakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang inginkitaketahui, baik itu berupa hasil prestasi belajar siswa maupun dari hasil nilai dari pedoman tes dan angket yang telah di gunakan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII B di MTs Nurul Huda Tempos Gerung Lombok Barat bidang studi aqidah akhlak tahun pelajaran 2015/2016, ini terbukti dari hasil perhitungan dan analisis data yang diperoleh melalui hasil analisis data, dimana n=22 nilai r hitung> r tabel yaitu 0,651 >0,423 sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan yang siginifikan terhadap pengaruh intensitas pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII B di MTs Nurul Huda Tempos Gerung Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016” dapat dibuktikan dan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembeljaran Aktif, Kreatif, Efektif, danMenyenangkan (PAKEM), PrestasiBelajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 27 Apr 2018 02:40
Last Modified: 27 Apr 2018 02:40
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item