Agustina, Fitri (2023) Pertanggung jawaban pengelola parkir terhadap hilangnya barang titipan ditinjau dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus Wisata Senggigi Kecamatan Batu Layar Kab. Lombok Barat). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Fitri Agustina 200201090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Pengelolaan parkir merupakan keadaan kendaraan berhenti untuk sementara waktu atau untuk waktu yang lama dan kemudian ditinggalkan pengemudinya untuk dititipkan, sehingga jika barang rusak atau hilang di tempat parkir, maka pengelola parkir telah melakukan kesalahan atau ketidaktelitian yang melanggar kewajiban hukum untuk menjamin keselamatan kendaraan milik pengguna atau konsumen jasa parkir. Akibatnya pengelola parkir haruslah bertanggung jawab atas segala kelalaian atau ketidak hati-hatian mengenai barang yang dititipkan kepadanya, termasuk pengelolaan tempat parkir oleh juru parkir di Senggigi. Penelitian ini selain untuk memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan kepada pembacanya, juga dapat lebih menguatkan bagaimana kedudukan konsumen jika mengalami kerusakan atau kehilangan barang yang ada di lokasi parkir. Maslah dalam penelitian adalah: 1. Bagaimana pengelolaan parkir di Wisata Senggigi 2. Apa saja factor penyebab pengelola parkir tidak mau bertanggung jawab atas kehilangan barang di wisata Senggigi 3. Bagaimana tinjaun hukum Islam dan hukum positif terhadap tanggung jawab pengelola parkir di Wisata Senggigi. Segala paparan permaslahan-permasalahan maka diatas, maka peneliti menggunakan metode kualitatif dan mengumpulkan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menjawab permasalahan tersebut. Adapun sumber data primernya dari wawancara dengan para juru parkir yang melakukan profesinya, sedangkan sumber data sekundernya adalah buku-buku, jurnal, website yang berkaitan dengan judul yang diangkat yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengelola parkir bertentangan dengan hukum Islam dan hukum positif seperti kehilangan helm, sepeda motor, dan barang lainnya tapi petugas parkir tidak mengganti kerugian dan hanya membantu melaporkan ke pihak yang berwajib. Hal itu karna factor biaya dan juga klausal baku yang mengatakan bahwa kehilangnan barang bukan bentuk dari tanggung jawab kami. Seharusnya segala bentuk kerusakan dan kehilangan adalah tanggung jawab pelaku usaha."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab, pengelola parkir, perspektif hukum Islam dan hukum positif
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180109 Corporations and Associations Law
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:48
Last Modified: 28 Feb 2024 02:48
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5579

Actions (login required)

View Item View Item