Wahyuningsih, Sri (2023) Pengaruh implementasi pembelajaran Menggunakan Pendekatan Pemodelan Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sri ahyuningsih_190103078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan secara komprehenshif tentang pengaruh implementasi pembelajaran menggunakan pendekatan pemodelan matematika dan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan dan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design, yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 29 siswa. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan dan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan pemodelan matematika dan pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan pemodelan matematika lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Selanjutnya, pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan pemodelan matematika lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah alternatif pendekatan pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis; pendekatan pemodelan matematika;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 27 Feb 2024 07:03
Last Modified: 27 Feb 2024 07:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5572

Actions (login required)

View Item View Item