Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together berbantu media audio visual dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII E MTs Negeri 3 Mataram pada mata pelajaran al-qur’an hadis Tahun PelajaraN 2016/2017

Hayati, Fadlina (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together berbantu media audio visual dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII E MTs Negeri 3 Mataram pada mata pelajaran al-qur’an hadis Tahun PelajaraN 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Fadlina Hayati151131174.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur dampak penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media audio-visul terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII E MTs Negeri 3 pada mata pelajaran al-Qur‟an Hadis, khususnya pada materi perilaku menghindari sifat tamak pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian yang telah dilakukan termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 39 siswa. Teknik penggumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan observasi, sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I jumlah ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 66,67% belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 85%. sedangakan hasil analisis data aktivitas siswa pada siklus I ini mencapai rata-rata 14,5 tergolong cukup aktif. Dengan hasil yang belum mencapai indikator keberhasilan serta aktivitas siswa yang masih tergolong cukup aktif tersebut, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya yaitu siklus II. Penelitian tindakan kelas pada siklus II dilakukan berdasarkan hasil refleksi pada siklus I. Hasil penelitian pada siklus II tergolong signifikan, hal ini dibuktikan oleh jumlah t hitung (6,284) lebih besar dari pada t tabel (2,024). Aktivitas siswa pada siklus II ini tergolong aktif dengan jumlah ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 82,05% yaitu hampir mencapai indikator keberhasilan. Dengan hasil yang sudah signifikan, penelitian tindakan kelas pada siklus II ini tidak perlu dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media audio-visual berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII E MTs Negeri 3 Mataram pada mata pelajaran al-Qur‟an Hadis tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Audio visual; Media Belajar; MTs Negeri 3 Mataram
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 27 Apr 2018 06:18
Last Modified: 27 Apr 2018 06:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item View Item