Ulfa, Maria (2023) Peningkatan hasil belajar siswa melalui Modelrole Playing Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji di Kelas III MI At-Tahzib Kekait Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Maria Ulfa_190106062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa kelas III dalam pelajaran akidah akhlak. Hal ini bisa dilihat dari hasil belajar siswa yang masih banyak di bawah KKM. Akidah akhlak yang kita tahu berkaitan dengan tingkah laku keseharian, namun masih banyak siswa yang memiliki nilai di bawah KKM, halini disebabkan karena siswa kurang memperhatikan guru, bermain saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkn hasil belajar siswa melalui model role playing pada mata pelajaran akidah materi akhlak terpuji di kelas III MI At-tahzib Kekait. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, Tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model role playing dalam pembelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji dapat meningkat hasil belajar siswa kelas III MI At-tahzib kekait. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis siklus I dan II dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan pada hasil observasi aktivitas guru siklus I mendapatkan nilai rata-rata 71% dengan kategori cukup, sedangkan sedangkan siklus II mendapatkan nilai rata-rata 100% dengan kategori tinggi, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil evaluasi observasi aktivitas siswa pada siklus I dan II, juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 61% dengan kategori rendah, sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata 90% dengan kategori tinggi. Hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I dan II mengalami peningkatan, pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74% dengan kk memperoleh nilai 65%, yang dimana hasil dari belajar siswa pada siklus I ini masih belum mencapai indikator keberhasilan dan dinyatakan tidak tuntas, sedangkan pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 90,5% dengan ketuntasa klasikal 95%, yang artinya siswa sudah mencapai indikator keberhasilan atau dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil tersebut maka, penerapan model pembelajaran role playing bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji di kelas III MI At-tahzib Kekait

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model role playing; akidah akhlak; hasil belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:30
Last Modified: 27 Feb 2024 00:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5556

Actions (login required)

View Item View Item