Hendrawansyah, M (2023) Analisis kemampuan representasi matematika siswa dalam memecahkan masalah trigonometri Kelas XI IPA di MAN 3 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
M. Hendrawansyah_180103026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Adapun penelitian ini memiliki latar belakang yaitu karena siswa masih terbiasa menghafal soal-soal yang telah diberikan dan cara menyelesaikannya, serta sebagian dari siswa masih kesulitan untuk mencari penyelesaian dari soal-soal atau permasalahan yang tidak sama seperti contoh yang didapatkan pada saat pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti dalam penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah trigonometri pada siswa kelas XI IPA di MAN 3 Mataram. Peneliti memilih jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan peneliti memilih enam siswa yang terdiri dari tiga laki-laki dan tiga perempuan sebagai subjek dari penelitian ini. soal tes dari kemampuan representasi matematis dan lembar pedoman wawancara adalah instrumen yang digunakan. Peneliti melakukan teknik analisis data dalam tiga cara yaitu mereduksi data yang ada, kemudian menyajikan hasil data tersebut dan menarik suatu kesimpulan. Teknik triangulasi digunakan oleh peneliti untuk mengecek keabsahan data. Hasil dari tes dan wawancara menunjukkan bahwa pada indikator representasi visual, semua subjek dapat membuat sketsa dari masalah yang terdapat pada soal trigonometri serta mengubah ke dalam konsep bentuk segitiga siku-siku. Pada indikator persamaan atau ekspresi matematis, subjek RPS serta subjek N yang bisa memberikan jawaban sesuai dengan masalah pada soal trigonometri. Sementara itu, subjek LMRA dan subjek ZD kurang bisa menyelesaikan permasalahan dari soal, sehingga tidak mengerti langkah selanjutnya untuk mendapatkan hasil akhir yang benar. Sedangkan subjek IR dan subjek MS tidak dapat menyelesaikan permasalahan dari soal dengan melibatkan persamaan atau ekspresi matematis sehingga tidak bisa memecahkan permasalahannya. Pada indikator kata-kata atau teks tertulis, subjek yang mampu menyelesaikan permasalahan dari soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis hanya dua subjek yaitu subjek RPS dan subjek N. Sementara itu, subjek LMRA bisa menerapkan representasi dari kata-kata atau teks tertulis untuk menemukan pemecahan atau mencari jawaban dari soal meskipun tidak bisa memperoleh hasil akhir yang benar. Subjek ZD bisa menerapkan representasi dari kata-kata atau teks tertulis untuk memecahkan masalah meskipun alasan yang diberikan tidak spesifik dan tidak memperoleh hasil akhir yang benar. Sedangkan subjek IR bisa menggunakan kata-kata atau teks tertulis meskipun tidak menyelesaikan permasalahan dari soal. Dan subjek MS tidak bisa menerapkan representasi kata-kata atau teks tertulis untuk memecahkan masalah. Penelitian ini memperlihatkan yaitu terdapat tiga jenis kemampuan dari representasi matematis yang dimiliki oleh siswa kelas XI IPA di MAN 3 Mataram diantaranya kemampuan representasi matematis yang tinggi dimiliki oleh subjek RPS dan subjek N karena mencapai semua indikator yaitu representasi dari visual, representasi dari ekspresi matematis, serta teks tertulis, kemampuan representasi yang sedang dimiliki oleh subjek LMRA dan subjek ZD karena memenuhi dua indikator yaitu representasi visual dan kata-kata, serta kemampuan yang rendah dimiliki oleh subjek IR dan subjek MS karena mencapai satu dari semua indikator yaitu representasi dari visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: representasi matematis; pemecahan masalah; trigonometri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:14
Last Modified: 27 Feb 2024 01:02
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5555

Actions (login required)

View Item View Item