Fikriady, Dega (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Team Achievement Divison (STAD) Melalui Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas VIII di Mts. Putra Al-Ishlahuddiny Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Dega Fikriady_190101163.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar SKI pada materi sejarah berdirinya Daulah Ayyubiyah kelas VIII di MTs. Putra Al-Ishlahuddiny Semester Genap tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperiment yang di dalamnya memberikan perlakuan kepada kelompok sampel, kemudian mengukur sebab akibat kemudian menyimpulkan pengaruh dari perlakuan tersebut. Desain penelitian menggunakan one group pretest – posttest design. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik analisis data akhir menggunakan analisis Sampel Paired T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui media video terhadap hasil belajar SKI kelas VIII di MTs. Putra Al-Ishlahuddiny Semester Genap tahun ajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis dan pengolahan data dalam penelitian yang peneliti lakukan. Diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya model pembelajaran dan media pembelajaran yang diterapkan oleh guru dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model kooperatif tipe stad; media video; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:19
Last Modified: 27 Feb 2024 01:27
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5540

Actions (login required)

View Item View Item