Efektivitas metode bercerita dengan buku cerita bergambar dalam mengembangkan akhlak pada anak usia 4-6 tahun di PAUD Purnama Karang Genteng Tahun Pelajaran 2015/2016

Fahriani, Laela (2016) Efektivitas metode bercerita dengan buku cerita bergambar dalam mengembangkan akhlak pada anak usia 4-6 tahun di PAUD Purnama Karang Genteng Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Laela Farhiani 151101049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (992kB) | Preview

Abstract

Setiap anak terlahir sebagai sosok yang suci, pendidikan orang tua dan lingkunganlah yang akan membentuk setiap kepribadian atau akhlak anak. Salah satu cara untuk mengembangkan atau membentuk akhlak anak adalah melalui metode bercerita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah”Bagaimana efektivitas, apa saja faktor penghambat dan upaya apa saja yang telah dilakukan guru dalam mengefektifkan metode bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar untuk mengembangkan akhlak anak di PAUD Purnama Karang Genteng Mataram. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, dapat di simpulkan bahwa efektifitas metode bercerita di PAUD Purnama tergolong cukup efektif dan optimal, meskipun banyak faktor penghambat yang selalu di hadapi pendidik baik itu faktor internal maupun faktor eksternal dari guru dan peserta didik. Upaya guru dalam menghadapi hambatan tersebut adalah memberikan perhatian dan cinta kepada peserta didiknya(faktor internal Anak), menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi anak (faktor eksternal anak), memberikan pelatihan-pelatihan khusus kepada guru supaya ahli di bidangnya (faktor internal guru), serta menyediakan fasilitas dan media pembelajaran selengkap-lengkapnya (faktor eksternal guru) guna tercapainya pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan supaya apa yang dicita-citakan bangsa dan agama dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, dan Perkembangan Akhlak Anak
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021410 Wasa'il wa Tiknulujia al-Ta'lim (Educational Media & Technology)
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 26 Apr 2018 05:51
Last Modified: 26 Apr 2018 05:51
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item