Jariah, Ainul (2023) Bentuk dan dampak bullying Pada peserta didik di MI Al-Madaniyah Jempong. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ainul Jariah_190106084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Tindakan bullying yang paling banyak jumlah kasusnya adalah di SD, hal ini tentunya didasarkan pada latar belakang peserta didik, cara mendidik, dan pengaruh lingkungan dari peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui bentuk tindakan bullying yang dilakukan peserta didik di MI Al-Madaniyah Jempong, (2) mengetahui dampak tindakan bullying yang dilakukan peserta didik di MI Al-Madaniyah Jempong dan, (3) Cara guru mengatasi tindakan bullying yang dilakukan peserta didik di MI Al-Madaniyah Jempong. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik, wali kelas, dan Kepala MI Al-Madaniyah Jempong. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan data, peneliti melakukan perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan dan melakukan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Bentuk tindakan bullying yang dilakukan oleh peserta didik di MI Al-Madaniyah Jempong adalah bullying verbal dan bullyng fisik. Tindakan bullying verbal yang dilakukan oleh peserta didik seperti memanggil dengan panggilan gendut, hitam, potal (cadel), mengejek peserta didik yang pakainnya robek dan memanggil dengan nama orang tua sedangkan tindakan bullying fisik yang dilakukan oleh peserta didik adalah memukul dan menendang, 2) Dampak yang dialami peserta didik yang menjadi korban bullying yaitu, merasa malu, tidak percaya diri, menyimpan amarah, dan dendam terhadap pelaku, sedangkan dampak bagi pelaku bullying yaitu pelaku tidak memiliki sifat empati, memiliki sifat egois, dan terlalu percaya diri yang berlebihan, dan 3) Cara guru mengatasi tindakan bullying di MI Al-Madaniyah Jempong yaitu bekerja sama dengan orang tua peserta didik, memberikan bimbingan, memberikan motivasi, serta memberikan hukuman pada pelaku dengan menuliskan surat pernyataan agar tindakan tersebut tidak diulangi lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bentuk; dampak bullying; peserta didik; sekolah dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:39
Last Modified: 23 Feb 2024 07:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5529

Actions (login required)

View Item View Item