Khair, Ziadatul (2023) Implementasi Self Regulated Learning Dalam Pembinaan Kemandirian Belajar Santriwati Ma Mu’allimat Nwdi Pancor. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ziadatul Khair_190101184.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana implementasi Self Regulated Learning dalam pembinaan kemandirian belajar santriwati MA Mu’allimat NWDI Pancor? (2) Bagaimana bentuk kemandirian belajar santriwati MA Mu’allimat NWDI Pancor (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi Self Regulated Learning dalam pembinaan kemandirian belajar santriwati MA Mu’allimat NWDI Pancor? (4) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala implementasi Self Regulated Learning dalam pembinaan kemandirian belajar santriwati MA Mu’allimat NWDI Pancor? Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman dengan langkah-langkah, mengumpulkan data, memilih data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan, serta melakukan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber, waktu dan metode, ketekunan pengamatan serta refrensi yang cukup. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi Self Regulated Learning dalam pembinaan kemandirian belajar di MA Mu’allimat NWDI Pancor sudah berjalan dan berkembang dengan baik. Implementasi Self Regulated Learning tersebut dilaksanakan dikelas melalui pembiasaan Literasi Santriwati dalam hal membaca dan menulis resume serta pengeksploran Strategi Belajar, yang berfokus pada bagaimana untuk dapat meningkatkan kemandirian belajar santriwati yang kemudian dikuatkan melalui program Sabtu Budaya yang dilakukan dengan empat metode. Pertama, kegiatan literasi santriwati yang berfokus pada bagaimana kemudian meningkatkan potensi akademik serta mengasah kemampuan para santriwati. Kedua, kegiatan kebersihan/gotong royong yang berfokus bagaimana menanamkan karakter santriwati yang peduli terhadap lingkungan serta untuk dapat menanmkan jiwa peduli terhadap sesama. Ketiga, kegiatan senam sehat yang berfokus pada bagaimana menumbuhkan jiwa cinta terhadap pribadi sendiri tentang pentingnya berolahraga, karena memang pada tubuh yang sehat terdapat pikiran yang baik. Terakhir, kegiatan pengajian bulanan yang berfokus pada peningkatan rohani para santriwati sebagai insan yang memiliki karakter budi pekerti yang luhur sesuai dengan ajaran Al-Quran dan Sunnah Rasul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: implementasi; self regulated learning; kemandirian belajar;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:26
Last Modified: 23 Feb 2024 02:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5512

Actions (login required)

View Item View Item