Pengaruh metode kerja kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas XI IPS di MAN 2 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017

Ernawati, Ria (2017) Pengaruh metode kerja kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas XI IPS di MAN 2 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Ria Ernawati151131030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Metode yang tepat dalam pembelajaran merupakan salah satu komponen pendekatan pembelajaran guru yang mempunyai peran yang tidak kalah pentingnya dari komponen-komponen pembelajaran lainnya. Sebab metode mengajar dapat menentukan berhasil atau tidaknya kegiatan di dalam proses belajar mengajar. Metode pengajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok dengan pengelompokan siswa didasarkan atas pemilihan teman yang menurutnya lebih dekat atau lebih intim dapat menimbulkan konsentrasi dalam belajar, memudahkan hubungan kepribadian dan dapat menimbulkan kegairahan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Kerja Kelompok terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI IPS di MAN 2 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Sedangkan penelitian ini menggunakan jenis desian penelitian true eksperimental design atau eksperimen yang betul-betul. Dalam penelitian ini sampel dibagi menjadi dua kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran kerja kelompok dan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Desain penelitian yang diguanakan adalah posttest only control design. Hasil penelitian dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t dengan dk = n1 + n2 – 2 = 28 + 26 – 2 = 52 dan taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5% maka ttabel = 2,007 dan thitung = 6,074, maka diketahui nilai thitung > ttabel (6,074 > 2,007). Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ha diterima. Dengan demikian hipotesis kerja atau hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu pada taraf signifikan 5% dengan pernyataan bahwa “Terdapat Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI IPS di MAN 2 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar; siswa; Belajar kelompok
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 25 Apr 2018 11:11
Last Modified: 25 Apr 2018 11:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item