Arif Firmansyah, Muhammad (2024) Faktor-faktor yang mendorong minat beli konsumen di Alfamart (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Febi UIN Mataram). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhammad Arif Firmansyah 180501029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Latar belakang penelitian ini adalah untuk menelaah faktor-faktor yang mendorong minat beli konsumen di Alfamart. Pertumbuhan pesat bisnis ritel modern saat ini disebabkan pergeseran permintaan (demand) konsumen akan kebutuan pokok yang semakin beragam dan keinginan untuk suasana berbelanja yang menyenangkan. Seorang konsumen akan terdorong membeli barang atau jasa tentu dikarenakan dorongan keinginan (wants) dan kebutuhan (needs). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong minat beli mahasiswa EKonomi Syariah FEBI UIN Mataram di Alfamart. (2) Untuk mengetahui bagaimana faktor yang mendorong minat beli mahasiswa Ekonomi Syariah FEBI UIN Mataram di Alfamart menurut perspektif Ekonomi Islam. Metodologi penelitian pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bahwa faktor-faktor yang mendorong minat beli konsumen di Alfamart cukup beragam dan berbeda-beda tergantung pada kondisi, latar belakang, kebutuhan, gaya konsumsi konsumen. (2) Minat beli yang dipicu oleh pelaku bisnis ritel seperti Alfamart merupakan sebuah strategi pendekatan marketing untuk dapat lebih dekat dengan konsumen sehingga dapat memenuhi ekspektasi dan kebutuhan konsumen sesuai dengan teori berniaga dari perspektif Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: minat Beli, Perspektif Ekonomi Islam."
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:00
Last Modified: 22 Feb 2024 07:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5486

Actions (login required)

View Item View Item