Uswatun, Hasanah (2023) Peran guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Di Min 1 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Uswatun Hasanah_190106007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas guru dalam mengelola kelas dilakukan secara maksimal dalam memberikan motivasi dan meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, mengidentifikasi peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dan mengkaji faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif eskriptif. Informan peneliti yaitu guru dan peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Kota Mataram. Dalam pengumpulan data dilakukukan melalui tiga cara, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data menggunakan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pengelolaan kelas dilaksanakan dengan pengaturan siswa dan pengaturan fasilitas yang meliputi kegiatan sebelum pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan di akhir pembelajaran seperti memeriksa kebersihan kelas, mengatur dan merapikan posisi tempat duduk siswa, pemberian motivasi kepada siswa, guru mengaktifkan siswa belajar melalui pemberian tugas dan mengajak siswa menyimpulkan materi pembelajaran sekaligus menjadi penguatan materi. (2) peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu melakukan interaksi dengan siswa untuk pemberian motivasi, mendorong siswa menjadi lebih giat lagi belajar untuk meningkatkan hasil belajarnya. Guru menerapkan nilai norma kehidupan sosial seperti sopan santun, tata cara berperilaku yang baik kepada siswa sebagai pondasi siswa untuk melakukan kegiatan bersosisalisasi di lingkungan kelas dan sekolah. (3) faktor pendukung yaitu: Dinamika kelas, peran guru, dan keaktifan Siswa. Dan faktor penghambat dalam pengelolaan kelas yaitu: Karakter dan kebiasaan siswa, fasilitas, dan waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: peran guru; pengelolaan kelas; motivasi belajar siswa;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 21 Feb 2024 04:23
Last Modified: 21 Feb 2024 04:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5480

Actions (login required)

View Item View Item