Pengaruh fasilitas madrasah terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs. At-Tahzib Desa Kekait Kecamatan Gunungsari Tahun Pelajaran 2016/2017

Nuranizah, Nuranizah (2017) Pengaruh fasilitas madrasah terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs. At-Tahzib Desa Kekait Kecamatan Gunungsari Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Nuranizah151131097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mencari adanya pengaruh antara fasilitas madrasah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, variabel bebas dalam penelitian ini adalah fasilitas madrasah sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas VII pada Mata Pelejaran Aqidah Akhlak di MTs. At-Tahzib Desa Kekait Kecamatan Gunungsari Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan Korelasi Product Moment untuk mencari adanya hubungan dan seberapa besar pengaruh antara kedua variabel tersebut dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A dan VII B di MTs At-Tahzib Desa Kekait Kecamatan Gunungsari tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi 50 siswa. Dalam metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner (angket) dengan instrumen penelitian yang meliputi pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman angket dan pedoaman dokumentasi. Berdasarkan hasil analisi data, diketahui hasil rxy 0,304. Pada taraf signifikansi 5% dan jumlah populasi 50 siswa, diperoleh r tabel sebesar 0,279.Dengan demikian berarti r hitung lebih besar dari pada r tabel yakni 0,304 > 0,279. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara fasilitas madrasah dengan hasil belajar siswa. Jika mengacu pada hasil r hitung korelasiyang dipangkatkan menghasilkan 0,092 sehingga konstribusi variabel x terhadap variabel y melalui hasil analisis koefisien determinasi sebesar 9,2%. Kemudian untuk rumus regresi linier sederhana yang dilanjutkan dengan uji linieritas diperoleh Fhitung = 0,142 jika dikonsultasikan dengan Ftabel = 1,010 maka Fhitung < Ftabel (0,142 < 1,010) kesimpulannya regresi linier. Sedangkan untuk uji signifikan diperoleh Fhitung = 12,987 dan Ftabel = 0,002 maka Fhitung > Ftabel (12,987 > 0,002) kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas madrasah dengan hasil belajar siswa. Sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berbunyi “Ada Pengaruh yang Sinifikan antara Fasilitas Madrasah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. At-Tahzib Desa Kekait Kecamatan Gunungsari Tahun Pelajaran 2016/2017”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas; Belajar; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 25 Apr 2018 09:17
Last Modified: 25 Apr 2018 09:17
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item