Pengaruh pemberian reward terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Al-Ikhlashiyah Perampuan Tahun Pelajaran 2016/2017

Hardiyanti, Nining (2016) Pengaruh pemberian reward terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Al-Ikhlashiyah Perampuan Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Nining Hardiyanti151131095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Ikhlashiyah Perampuan tahun pelajaran 2016/2017. Adapun variabel bebas (variabel X) dalam penelitian ini adalah pemberian reward dan variabel terikatnya (variabel Y) adalah prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Ikhlashiyah Perampuan tahun pelajaran 2016/2017 semester genap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif, adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah metode angket, metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Metode angket disebarkan kepada seluruh siswa kelas VIII untuk mendapatkan data tentang pemberian reward dan metode dokumentasi untuk mendapatkan nilai UTS Aqidah Akhlak semester genap kelas VIII untuk digunakan sebagai data prestasi belajar siswa. Sedangkan untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan cara menghitung data menggunakan teknik perhitungan product moment untuk mencari hubungan antara kedua variabel dan dilanjutkan dengan analisis regresi linier sederhana untuk mencari pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Hasil analisis data dengan menggunakan rumus product moment diperoleh rhitung = 0,714 dan rtabel = 0,361 maka rhitung > rtabel (0,714 > 0,361). Kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi linier sederhana dengan uji signifikansi dengan taraf kesalahan 5% diperoleh Fhitung = 29,130 > Ftabel = 4,20 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh pemberian reward terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Al- Ikhlashiyah Perampuan tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Reward; Prestasi; Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 25 Apr 2018 08:40
Last Modified: 25 Apr 2018 08:40
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item View Item