Pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas VIII SMP Darul Hikmah Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Dakwati, N.H. (2017) Pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas VIII SMP Darul Hikmah Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
N.H. Dakwati151131069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas VIII SMP Darul Hikmah Mataram tahun pelajaran 2016/2017 yang jumlah populasinya sebanyak 33 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, Interview/wawancara, Dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan dilanjutkan dengan analisis regresi. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus product moment didapatkan nilai r hitung = 0,545 dan hasil dari uji signifikansi dengan taraf kesalahan 5 % adalah t hitung (3,620) > t tabbel (2,547) maka H0 ditolak dan Ha Diterima, dan dengan menggunakan uji determinasi model pembelajara CTL memberikan kontribusi sebesar 29,70% terhadap hasil belajar siswa. Kemudian di lanjutkan dengan menggunakan rumus regresi dengan taraf kesalahan 5 % F hitung (0,41) < F tabel (2,38). Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Darul Hikmah Pagutan Mataram tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Contextual; Teaching; Learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 25 Apr 2018 08:31
Last Modified: 25 Apr 2018 08:31
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item