Yanti, Supi (2023) Pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan koneksi Matematis Siswa di Kelas IV MI Qubbatul Islam Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Supi Yanti_190106206.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa di kelas IV MI Qubbatul Islam tahun pelajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas IV A dengan jumlah 25 siswa dan kelas IV B berjumlah 23 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan jenis penelitiannya quasi eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrument tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji independent sample t tes dengan uji-t test polled varians. Sebelum menggunakan uji independent sample t test dilakukan uji normalitas menggunakan rumus chi square dan uji homognitas mengggunakan rumus uji F. Hasil nilai rata-rata pretest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 38,40 sedangkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol diperoleh 46,30. Setelah diberikanya perlakuan pendekatan RME pada kelas eksperimen dan pendekatan konvesional pada kelas kontrol, didapatkan hasil nilai posttest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 78.20 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol 62.61. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus polled varians diperoleh nilai thitung = 4,00 dan nilai ttabel = 2,01. Dengan demikian thitung > ttabel = 4,00 > 2,01, artinya ada pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa di kelas IV MI Qubbatul Islam tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendekatan realistic mathematics education (RME) dan kemampuan koneksi matematis.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:04
Last Modified: 20 Feb 2024 05:31
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5444

Actions (login required)

View Item View Item