Sudianto, Sudianto (2023) Pengaruh strategi pembelajaran Thinking Empowerment By Questioning (TEQ) terhadap keaktifan dan pemecahan masalah pada pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 1 Bayan TP 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sudianto_190104013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh strategi Thinking Empowerment by Questioning terhadap keaktifan dan pemecahan masalah. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain pretes-posttes experimental control group design. Populasi seluruh kelas X yang berjumlah 288 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XC sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengukur keaktifan siswa dan tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA untuk menganalisis keaktifan siswa dan uji ANKOVA untuk pemecahan masalah. Hasil analisis ANOVA, sig = 0,020 < 0,05. Hal ini berarti menunjukkan ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis ANKOVA, sig = 0,000 < 0,05. Ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari strategi TEQ terhadap kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian, strategi Thinking Empowerment by Questioning berpengaruh signifikan terhadap keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Thinking Empowerment by Questioning; Keaktifan; Pemecahan Masalah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 19 Feb 2024 06:19
Last Modified: 20 Feb 2024 00:00
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5436

Actions (login required)

View Item View Item