Malakaini, Sri (2023) Peran guru dalam mencegah perilaku Bullying Pada Siswa-Siswi MI NW Dasan Agung Kecamatan Selaparang Kota Mataram Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sri Malakaini_190106081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Bullying disebut perilaku tinda kekerasan yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang yang memiliki kekuatan atau kekuasaan untuk melakukan kekerasan terhadap sekelompok orang yang lain yang menurut mereka lebih lemah, baikfisik, pengetahuan dan yang lainya. Bullying bisa terjadi kapan saja dan dimana saja terutama di lingkungan madrasah, bullying bisa memberikan dampak negatif apabila tidak dilakukan pencegahan serta diatasi. Sesuai pokok permasalahan di atas maka tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying pada siswa-siswi MI NW Dasan Agung Kecamatan Selaparang Kota Mataram, dan yang kedua untuk mengetahui peran guru dalam mencegah perilaku bullying di MI NW Dasan Agung Kota Mataram, untuk mencapai kedua tujuan tersebut maka peneliti melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis stadi kasus bertujuan untuk mengetahui tentang keadaan objek atau penomena penelitian secara intensif, sumber data yang diambil dari kepala sekolah, guru-guru , dan siswa-siswi MI NW Dasan Agung, tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa , 1) Bentu-bentuk perilaku bullying pada Siswa-siswi di MI NW Dasan Agung yaitu bullying verbal (mengejek, mengolok-olok) dan bullying fisik (menendang, memukuli dll ) namun bullying fisik tidak diketahui oleh sekolah dan peran guru dalam mencegah perilaku bullying pada siswa siswi adalah guru membimbing siswa, guru mengajari siswa bahwa bullying itu perbuatan yang tidak baik, serta guru juga menasihati siswa yang melakukan bullying , guru juga menunjukan perannya sebagai orang tua kedua bagai siswa setelah orang tua mereka ketika dirumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Bullying; siswa; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:23
Last Modified: 19 Feb 2024 23:57
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5435

Actions (login required)

View Item View Item