Upaya guru fikih dalam penerapan metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Al-Madaniyah Jempong Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Rahmawati, Misfatu (2017) Upaya guru fikih dalam penerapan metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Al-Madaniyah Jempong Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Misfatu Rahmawati151131082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penerapan metode ceramah diharapkan dapat mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa, dapat meningkatkan perhatian siswa, memotivasi siswa, dan mendorong siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui upaya guru memperbaiki penerapan metode ceramah secara efektif dan efesien. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi yang memang biasa digunakan dalam jenis penelitian kualitatif. wawancara dilakukan oleh peneliti secara langsung kepada guru fiqih MTs Al- Madaniyah Jempong barat, dan untuk observasipun juga dilakukan oleh peneliti dengan datang langsung ke sekolah untuk melihat aktifitas guru dalam mengajar dan siswa belajar. Sedangkan untuk dokumentasi peneliti mengupayakan melalui analisis hasil tes tertulis yang dilakukan oleh siswa kelas VII MTs Al-Madaniyah jempong melalui data dari guru fiqih. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunakaan metode ceramah yang dilakukan oleh guru fiqih MTs Al- Madaniyah jempong secara sistematis dan maksimal, dengan dilihat dari aktifitas belajar siswa yang mampu mendemonstrasikan salat jamak dan qasar di depan kelas dan dari hasil tes tulis yang didapatkan oleh siswa yang mengalami peningkatan yaitu dari 65,2% ke 86,95% secara klasikal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Metode Ceramah; Metode Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 25 Apr 2018 08:14
Last Modified: 25 Apr 2018 08:14
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item