Sintia, Sintia (2023) Strategi guru dalam menggunakan media sosial sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTS Al-Ijtihad Danger Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sintia_170105082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Media sosial adalah platform online yang memungkinkan penggunanya berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan konten seperti blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Blog dan jejaring sosial adalah bentuk media sosial yang paling populer di seluruh dunia. Media sosial juga dapat digunakan dalam pembelajaran untuk merangsang kreativitas siswa. Definisi media sosial terus berkembang seiring perkembangan zaman. Guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang tepat untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Salah satu strategi yang penting adalah menggunakan media sosial untuk menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi guru dalam menggunakan media sosial untuk mata pelajaran IPS di MTs Al-ijtihad Danger Lombok Timur, dan (2) mendeskripsikan efektivitas penggunaan media sosial oleh guru dalam meningkatkan pembelajaran IPS di MTs Al-ijtihad Danger Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru IPS, kepala madrasah, dan siswa. Data dilakukan dengan menggunakan metode analisis Miles Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan media sosial dalam pembelajaran sehari-hari, terutama media audio visual. Efektivitas pembelajaran siswa dinilai berdasarkan KKM dan aktivitas siswa selama pembelajaran. Guru menghadapi beberapa hambatan dalam menggunakan media sosial, keterbatasan akses siswa terhadap perangkat. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi guru dan siswa dalam menggunakan media sosial sebagai strategi pembelajaran yang lebih aktif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Media Sosial, Sumber Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 15 Feb 2024 06:55
Last Modified: 16 Feb 2024 02:00
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5411

Actions (login required)

View Item View Item