Penerapan metode pembelajaran tipe numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII/d pada mata pelajaran Al- Qu’ran Hadits di MTsN 3 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Humaidi, Humaidi (2016) Penerapan metode pembelajaran tipe numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII/d pada mata pelajaran Al- Qu’ran Hadits di MTsN 3 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Humaidi 151121047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII/D MTsN 3 Mataram pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di indikasi karena kurangnya minat dan antusias siswa saat mengikuti pembelajaran dikelas. Hampir semua siswa beranggapan bahwa mata pelajaran Al-Qur’an Hadist cukup sulit karena pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist menuntut siswa untuk menghafalkan hadist dan ayat-ayat tertentu yang terkandung di dalam Al-Qur’an .Oleh karena itu apabila saat penyampaian materi pembelajaran guru tidak menggunakan metode interaktif dikhawatirkan hasil belajar siswa akan selalu rendah. Kita ketahui bersama bahwasanya mata pelajaran Al-Qur’an Hadist merupakan salah satu mata pelajaran penting bagi kehidupan kita sehari-hari karena dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist berisi tentang segala sesuatu aturan-aturan positif yang telah ditetapkan oleh Allah SWT dan menjadi modal utama kita semua umat muslim untuk mengarungi hidup di dunia dan sebagai bekal diakhirat kelak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII/D MTsN 3 Mataram pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist dengan menerapkan metode pembelajaran Tipe Numbered Heads Together. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yakni Siklus I dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dan pada Siklu II dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan metode pengumpulan data: Observasi, wawancara, tes hasil belajar dan skala likert (yang diisi oleh guru dan siswa pada tiap akhir siklus pembelajaran yang dimaksudkan untuk mengetahui cara mengajar peneliti) sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan dari tiap siklusnya. Pada Siklus I nilai rata-rata siswa 72 dengan skor rata-rata penerapan metode pembelajaran tipe NHT yang diisi oleh guru 52 dengan katagori “Baik” dan skor rata-rata penerapan metode pembelajaran tipe NHT yang diisi oleh seluruh siswa kelas VIII/D 58,35 dengan kategori “Aktif”. Pada Siklus II terjadi peningkatan lagi dengan nilai rata-rata siswa yakni 76 dengan skor rata-rata penerapan metode pembelajaran tipe NHT yang diisi oleh guru 58 dengan katagori “Baik” dan skor rata-rata penerapan metode pembelajaran tipe NHT yang diisi oleh seluruh siswa kelas VIII/D 62,69 dengan kategori “Sangat Aktif” hal ini berarti Penelitian Tindakan Kelas(PTK) telah memenuhi indikator yang diharapkan tercapai. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, menerapkan metode pembelajaran Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII/D MTsN 3 MataramTahun Pelajaran 2016-2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Numbered Heads Together, Hasil belajar AQur’an Hadist
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 24 Apr 2018 15:38
Last Modified: 24 Apr 2018 15:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item