Upaya orang tua tunggal dalam pendidikan moral Aanak di Desa Lajut Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2016

Asrori, Hijron (2016) Upaya orang tua tunggal dalam pendidikan moral Aanak di Desa Lajut Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Hijron Ansori 151111095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hijron Ansori. 2016. “Upaya Orang Tua Tunggal Dalam pendidikan Moral Anak di Desa Lajut Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2016” Skripsi. Fakultas Tarbiyah. Program Studi Pendidika Agama Islam. Mataram. Institut Agama Islam Negeri Mataram. Dosen Pembimbing I : Drs. H. Baehaqi, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Nurul Imtihan, S.Ag, M.Pd Moralitas orang tua dalam keluarga itu menjadi salah satu contoh pendidikan moral yang diajarkan orang tua pada anak karena anak akan secara alami menyerap apa yang dilakukan orang tua. Pendidikan moral tersebut dikatakan pendidikan informal tetapi akan sangat membekas pada diri anak. maka sangat sulit ketika orang tua harus mendidik anak sendirian karena memaksa orang tua tunggal (single parent) harus berperan ganda dalam keluarga untuk sang anak. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahui lebih dalam bagaimana upaya yang lakukan orang tua tunggal dalam mendidik moral anak? faktor apa yang menghambat serta solusi orang tua tunggal untuk mendidik moral anak di Desa Lajut Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah tahun 2016? Setelah dilakukan penelitian secara mendalam diharapkan penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran tentang metode pendidikan moral anak dalam keluarga single parent, faktor yang menghambat orang tua tunggal untuk mendidik moral anak. Metode yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Responden adalah orang tua tunggal berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara kemudian data ditranskrip menjadi data yang lengkap. Hasil penelitian menunjukkan keluarga dengan orang tua tunggal memberikan pendidikan moral dalam keluarganya dengan menggunakan metode 1. Teladan, 2. pembiasaan diri , 3. pengalaman, nasihat, dan 4. hukuman. Faktor penghambat pendidikan moral dalam keluarga orang tua tunggal (single parent) 1. faktor pendidikan orang tua yang rendah, 2. faktor dalam diri anak, 3. faktor ekonomi, dan 4. faktor kesibukan (kurangnya waktu). Adapun solusi orang tua tunggal dalam mendidik moral anak adalah sebagai berikut: a). Orang tua tidak lagi memberikan kebebasan terhadap anak, b).Anak lebih didorong untuk lebih memenuhi kebutuhan spiritualnya. c), Orang tua lebih selektif dalam menuruti keinginan anak, sehingga anak dapat lebih memahami mana yang menjadi kebutuhan primer. d). Orang tua banyak mendampingi anak, memberi nasihat, teguran, bahkan hukuman yang bersifat mendidik. e). Melibatkan anak kedalam keluarga, sehingga peran anak ada dan anak tidak merasa diremehkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Moral Anak, Keluarga Orang Tua Tunggal
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012829 Islamic Family Issues & Local Tradition
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220311 Philosophical Psychology (incl. Moral Psychology and Philosophy of Action)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 24 Apr 2018 14:48
Last Modified: 24 Apr 2018 14:48
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item