Perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII antara yang diterapkan metode diskusi dan metode ceramah pada mata pelajaran fiqih di MTs. Nurul Falah NW Lajut Tahun Pelajaran 2016/2017

Purwita, Maya Indah (2017) Perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII antara yang diterapkan metode diskusi dan metode ceramah pada mata pelajaran fiqih di MTs. Nurul Falah NW Lajut Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Maya Indah Purwita151131138.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Skripsi ini bertujuan mengetahui apakan terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII antara yang diterapkan dengan metode diskusi dan metode ceramah pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Falah NW Lajut tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan metode statistik komparatif, jenis penelitian ini menggunakan jenis quasi-eksperimen. Populasi peneitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang dibagi menjadi dua kelas yang masing-masing kelas berjumlah 29 siswa. Sementara sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas yang diterapkan metode diskusi dan siswa kelas VIII-B sebagai kelas yang diterapkan metode ceramah. Instrumen penelitian berupa tes tulis berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 item soal yang sudah diuji validitas item menggunakan rumus korelasi poin biserial (rpbi) dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Kuder Richardson-20 (KR-20). Untuk uji persyarat analisis data yaitu uji normalitas menggunakan rumus Chi Kuadrat dan untuk uji homogenitas menggunakan uji Fisher (uji-F). Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t separated varians dua sampel dependen. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII antara yang diterapkan metode diskusi dan metode ceramah pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Falah NW Lajut tahun pelajaran 2016/2017. Ditunjukkan dengan nilai thitung = 2,781 > ttabel = 2,000 dengan signifikansi (α) 5% maka Ha diterima. Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi semua pihak terkait dapat menjadikannya sebagai masukan dan sumber-sumber informasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode diskusi; Metode ceramah;MTs. Nurul Falah NW Lajut
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 24 Apr 2018 10:44
Last Modified: 24 Apr 2018 10:44
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item