Pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi shalat kelas VII MTs Al-Ikhlasiyah Perampuan Tahun Pelajaran 2016/2017

Agustina, Maulida (2017) Pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi shalat kelas VII MTs Al-Ikhlasiyah Perampuan Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Maulida Agustina151131074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Metode pengajaran dalam kegiatan pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting untuk mendukung keberhasilan pengajaran dan sebagai alat perangsang dari luar yang membangkitkan gairah belajar siswa. Seorang guru dituntut untuk menggunakan metode yang tepat dan sesuai dengan kondisi siswa agar menarik perhatian, tidak menimbulkan kebosanan dan mudah dipahami oleh siswa Dalam pembelajaran fiqih guru dapat memilih metode demonstrasi untuk menyampaikan materi-materi yang bersifat praktik, karena dalam materi ini siswa harus terampil dalam mempraktikkan materi tentang shalat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi shalat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Ikhlasiyah Perampuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen dan teknik pengumpulan data menggunkan data hasil Tes, Observasi, dan Dokumentasi. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan uji-t (test) yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel 6,653 > 2,021 Ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi shalat kelas VII MTs Al-Ikhlasiyah Perampuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi; Metode belajar; MTs Al-Ikhlasiyah Perampuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 24 Apr 2018 10:33
Last Modified: 24 Apr 2018 10:33
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item