penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII di MTs Almadaniyah Jempong Barat Kecamatan Sekarbela Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Bina, Masyita (2017) penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII di MTs Almadaniyah Jempong Barat Kecamatan Sekarbela Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Masyita Bina151131113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Dalam proses belajar mengajar guru Akidah Akhlak harus memberikan contoh yang sesuai dengan materi yang diajarkannya. Dimana, nilai-nilai karakter yang terkandung dalam materi tersebut adalah tumbuhnya rasa cinta kepada Allah SWT dengan tidak berbuat riya dan nifaq, seperti: berbicara seperlunya, tidak melakukan sesuatu hal yang bernilai ibadah hanya karena ingin dipuji, banyak bersyukur, berbicara sesuai kenyataan, tepati janji, menjaga dan sampaikan setiap amanat sesuai dengan yang semestinya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Pada metode observasi dan metode wawancara, data yang dicari yaitu data tentang penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan hambatan-hambatan serta solusi yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam membina karakter siswa kelas VII di MTs Al-Madaniyah Jempong Barat tahun pelajaran 2016/2017. Pada metode dokumentasi, data yang dicari adalah data tentang keadaan guru, keadaan siswa dan letak geografis madrasah. Sedangkan metode tes data yang dicari yaitu data tentang hasil dari penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Al-Madaniyah Jempong Barat tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak lebih menekankan pada nilai religius, disiplin, tanggung jawab dan demokratis. Hambatan yang paling dirasakan oleh guru Akidah Akhlak dalam membina karakter siswa adalah adanya karakter siswa yang berbeda. Adapun solusi yang bisa mengatasi hambatan tersebut yaitu guru turut memperhatikan kondisi dan perkembangan kesehatan fisik dan mental siswa, kemudian membantu pengembangan sifat-sifat positif pada diri siswa seperti rasa percaya diri dan saling menghormati. Hasil dari penerapan pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak yaitu bahwa penerapan pendidikan karakter sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dibutktikan dengan hasil pengamatan sikap siswa dari guru Akidah Akhlak dengan nilai 75,33 dengan kategori berkarakter baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; aqidah akhlak ; MTs Almadaniyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 24 Apr 2018 10:23
Last Modified: 24 Apr 2018 10:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item